11 Makanan Untuk Kesehatan Mata

Kesehatan Mata - Sebagai satu-satunya indera pengelihatan, mata merupakan indera yang sangat penting. Namun mata juga mudah mengalami penurunan fungsi karena terganggu kesehatannya. Berbagai penurunan fungsi karena rabun, katarak bahkan mata tua sangat mudah terjadi kepada siapa saja. Penyebabnya sangat beragam, misalnya terlalu dekat menggunakan komputer, sering membaca terlalu dekat atau sambil tiduran bahkan usia tua dapat membuat kondisi mata menurun.

11 Makanan Untuk Kesehatan Mata

Oleh karena itu, ada baiknya menjaga kesehatan mata. Berikut adalah beberapa makanan yang apabila rutin dikonsumsi dapat meningkatkan kualitas mata dan pengelihatan :


1. Ikan Salmon

Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu menutrisi organ mata agar tetap sehat. Salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6 dan Vitamin B12. Selain salmon, sarden juga memiliki kandungan yang serupa.


2. Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak sekali Vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane yang memberikan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ pengelihatan yang berfungsi untuk mengoptimalkan daya lihat seseorang lebih baik dan lebih jelas.


3. Bayam

Terkenal kaya akan kandungan Vitamin A-nya, bayam serta sayuran-sayuran berdaun hijau merupakan jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Ini dikarenakan, sayuran yang berwarna hijau merupakan sumber lutein dan zeaxathin yang berfungsi mencegah degenerasi makula serta katarak pada mata.


4. Kubis

Sayuran ini juga mengandung Vitamin A, lutein dan zeaxathin


5. Tomat

Buah sayur ini memiliki kandungan Vitamin C dan Lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.


6. Telur

Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti Vitamin A, Zinc, Lutein, Lecithin, B12, Vitamin D dan juga Csteine. Sementara kuning telur memiliki kandungan lutein serta zeaxathin yang berfungsi untuk ,encegah degenerasi makula atau penurunan daya lihat seseorang pada organ matanya.


7. Bawang Putih

Bawang putih mengandung slenium, Vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.


8. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung sangat banyak nutrisi di banding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat juga mengandung Lutein yang sangat tinggi. Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6 dan Vitamin E.


9. Wortel

Wortel sangat terkenal untuk menyehatkan mata karena banyak mengandung Vitamin A. Batakaroten yang terkandung di dalamnya juga dibutuhkan oleh organ mata Anda.


10. Biji Bunga Matahari

Jenis makanan yang olahannya berupa kwaci ini mengandung banyak selenium, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.


11. Ubi Jalar

Jenis makanan umbi-umbian ini merupakan sumber Vitamin C serta betakaroten yang juga baik untuk pengelihatan.


Baca Juga :

Konsumsilah secara rutin makanan tersebut diatas agar mata Anda menjadi lebih sehat. Selamat Hidup Sehat dan semoga bermanfaat.


3 Responses to "11 Makanan Untuk Kesehatan Mata"

  1. Yang paling saya kenal untuk kesehatan mata, yaitu brokoli untuk sayuran dan tomat untuk buah-buahan. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Memang rutin konsumsi buah dan sayuran bisa memperkuat kesehatan organ mata, bahkan bisa merawat seluruh organ tubuh. thanks.

    ReplyDelete
  3. There are some interesting points in time in this article but I don’t know if I see all of them center to heart. There is some validity but I will take hold opinion until I look into it further. Good article , thanks and we want more! Added to FeedBurner as well.
    Cara Menyembuhkan Infeksi Ginjal Secara Alami
    Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Secara Alami

    ReplyDelete