Manfaat Sayur Daun Pakis Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Daun Pakis Untuk Kesehatan - Belum banyak orang tahu bahwa tunas daun atau Daun Pakis memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu tidak heran jika Daun Pakis oleh sebagian orang dijadikan sayur dan penganan yang sering dikonsumsi, terutama didaerah Simatera, Kalimantan dan daerah-daerah hutan pegunungan. Tidak hanya di Indonesia saja, di Negara Asia lainnya seperti Malaysia, Cina, Thailand, Vietnam dan Jepang ternyata juga banyak mengkonsumsi Daun Pakis sebagai bahan masakan.

Manfaat Sayur Daun Pakis Untuk Kesehatan



Memang tidak semua Daun Pakis itu aman untuk dikonsumsi. Daun Pakis yang aman untuk di konsumsi adalah Pakis Sayur. Tanaman yang memiliki nama latin Diplazium Esculentum ini dipercaya sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Daun Pakis dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Hal itu dikarenakan kandungan Vitamin C-nya cukup tinggi. Fungsi Vitamin C juga banyak berkaitan dengan pembentukan kolagen. Kolagen merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, sperti pada tulang rawan, membran kapiler, dan juga kulit. Daun Pakis yang berwarna hijau gelap juga kaya akan Betakaroten. Di dalam tubuh, Betakaroten akan dometabolisme menjadi Vitamin A.

Baca Juga :  Ajaib !!! Ternyata Makanan Pun Bisa Membuat Bahagia

Betakaroten ini berperan dalam mengatur proses metabolisme di beberapa jaringan tubuh. Selain itu, betakaroten juga mengatur kerja gen-gen yang terlibat didalam sistem imunitas, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Daun Pakis juga dipercaya berkhasiat mencegah penyakit Rematik. Hal itu dikarenakan adanya kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kalsium dan fosfor merupakan mineral makro yang diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan dan memelihara kesehatan tulang.


Beberapa Manfaat Daun Pakis yaitu :



  • Untuk Memperbaiki Proses Metabilisme Jaringan Tubuh. Kandungan Betakaroten dan Vitamin A berperan dalam khasiat ini.
  • Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Khasiat ini diperoleh karena kandungan Betakaroten dalam Daun Pakis.
  • Sumber Antioksidan Tinggi. Tunas Daun Pakis sudah terbukti mempunyai kandungan Antioksidan dua kali lebih banyak dari pada buah Blueberry. Fungsi Antioksidan tersebut selain sebagai penangkal radikal bebas juga dapat meningkatkan jumlah dari Glutathione dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.
  • Meningkatkan Memori. Kandungan asam lemak dan Omega 3 di dalam tunas Daun Pakis dapat meningkatkan memori pada otak, selain itu juga dapat membantu program diet Anda.
  • Untuk Mencegah Penyakit Rematik. Khasiat ini diperoleh karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi didalam Daun Pakis.
  • Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tulang. Khasiat dari Daun Pakis yang mengandung kalsium dan fosfor juga dapat meningkatkan pembentukan dan kesehatan tulang.
  • Melancarkan Buang Air Besar. Perlu Anda ketahui, kandungan serat dalam_cangkir tunas Daun Pakis sebanyak 7 gram serat. Kandungan tersebut dapat membantu untuk melancarkan buang air besar dan mengobati sembelit.
  • Mencegah Peradangan. Adanya campuran kandungan Asam lemak Omega-3 dengan Anti-oksidan di dalam Tunas Daun Pakis dapat membantu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.
  • Memperlancar Peredaran Darah. Tunas Daun Pakis dapat memenuhi kebutuhan niacin perharinya. Fungsi dari niacin tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada arteri.
  • Sumber Vitamin A. Kandungan Vitamin A yang sangat berlimpah dapat Anda temukan di dalam Tunas Daun Pakis. Untuk mendapatkan semua kandungan Vitamin A tersebut, Anda dapat mengkonsumsi nya. Vitamin A sendiri bagus bagi Kesehatan Mata, Kandung Kemih dan Ginjal.


Dengan mengetahui Manfaat Daun Pakis yang begitu banyak, tidak ada salahnya jika anda mencoba menikmati Sayur Daun Pakis ini. Semoga bermanfaat.


1 Response to "Manfaat Sayur Daun Pakis Untuk Kesehatan"