8 Amalan Ibadah Ramadhan Untuk Wanita Haid

8 Amalan Ibadah Ramadhan Untuk Wanita Haid - Bulan Ramadhan bulan penuh berkah, bulan baik dimana setiap muslim berbondong-bondong melakukan kebaikan dan amalan ibadah di bulan penuh rahmat ini. Seperti kita ketahui amalan utama pada bulan Ramadhan ialah berpuasa, namun sebagai kaum wanita tentu ada kalanya dalam sebulan mendapat masa haid. Perlu diketahui bahwa muslimah yang sedang kedatangan haid atau nifas di bulan Ramadhan dilarang melaksanakan shaum, dan diwajibkan mengqhodonya pada hari-hari lain.

8 Amalan Ibadah Ramdhan Untuk Wanita Haid

Meskipun tidak diperbolehkan shaum dan shalat, namun bagi muslimah yang sedang haid tidak perlu khawatir melewatkan momen mendapat pahala berlipat ganda pada bulan suci ini. Karena masih banyak amalan ibadah mulia yang dapat dilaksanakan untuk mendapat ridho Allah SWT dan pahala yang berlimpah berlipat ganda.

Ini dia beberapa amalan yang dapat dilakukan, yaitu melakukan amalan-amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Banyak ibadah sunnah lainnya yang dianjurkan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu.


1. Memberi dan menyediakan ifthar (hidangan berbuka)

Meski berhalangan berpuasa, Anda para muslimah masih bisa mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa dengan memberikan hidangan untuk orang-orang yang berpuasa. Anda dapat memulainya dengan mengolah makanan sampai menyajikan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa untuk keluarga.


2. Mendengarkan ceramah

Dengan mendengarkan ceramah akan memberikan tambahan pahala sekaligus ilmu untuk kita menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.


3. Membantu dan menolong sesama

Membantu dan menolong sesama termasuk amal shalih dan bahkan wanita bisa mendapatkan pahala yang setara dengan yang berpuasa jika dia membantu kepada orang yang berpuasa. Contohnya menyiapkan makan sahur dan berbuka, berbelanja untuk kebutuhan makan, mengasuh anak, membantu membersihkan dan mengurus pekerjaan rumah.


4. Tetap berdoa dan berzikir

Wanita yang sedang haid, meskipun dia berhadas besar tidak ada larangan baginya untuk beristigfar, berdzikir dan berdoa sepanjang waktu selama mampu. Dengan demikian Anda masih tetap bisa memohon ampunan dan menambah amalan ibadah Anda selama bulan Ramadhan meski sedang tidak berpuasa.


5. Memotivasi dan selalu mengingatkan sesama untuk berbuat baik dan amal shaleh

Kita dapat membantu untuk mengingatkan suami, anak, saudara atau orang tua dirumah untuk melaksanakan berbagai ibadah yang seringkali terlupa seperti shalat berjamaah dimasjid, melaksanakan tarawih dan lainnya.


6. Perbanyaklah istigfar dan sedekah

Wanita direkomendasikan agar memperbanyak istigfar dan sedekah untuk memohon ampunan dan menambah tabungan pahala.


7. Mencari ilmu

Mencari ilmu termasuk amal shalih yang bisa dilakukan wanita haid di bulan Ramadhan baik dilakukan dengan mendatangi majelis ilmu maupun mempelajari isi buku. Membaca buku-buku agama darinya boleh menimbulkan keinsafan dan peningkatan iman serta makin dekat dengan Allah SWT.


8. Menjauhi larangan agama

Muslimah yang bijak tentunya berupaya memanfaatkan setiap detik ketika bulan Ramadhan datang, walaupun ketika sedang haid, dan terhalang menunaikan shaum masih mendapat pahala yaitu dengan berusaha menjauhi segala yang dilarang oleh agama, dan berusaha menjaga lisan dengan tidak mengunjing dan selalu berusaha berkata-kata yang manfaat.

Semoga dengan adanya panduan singkat ini, amal ibadah puasa Ramadhan para muslimah tetap sempurna meskipun sedang datang bulan (haid).


0 Response to "8 Amalan Ibadah Ramadhan Untuk Wanita Haid"

Post a Comment